Skip to main content

Kumpulan Code titik, garis dan bangun bidang menggunakan Dev C++ dan FreeGlut

Postingan sebelumnya saya membahas tentang instalasi Dev C++ dan GLUT, gak cocok rasanya tanpa dibarengi dengan beberapa contoh coding yang bisa di coba.

yang sebelumnya belum menginstal Dev C++ dan GLUT silahkan klik disini

ok ini beberapa code yang bisa di coba :


1. Program membuat titik
    kelihatanya titik simpel tapi kalau bikinya pakai pemograman lumayan sulit loh...

#include <iostream>
#include <GL/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/
 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glPointSize(5.5);//ukuran titik piksel
                glBegin(GL_POINTS);//perintah untuk grafik primitif
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(0.25,0.25);
                glColor3f(0.1,1.0,1.0);
                glVertex2f(0.5,0.5);
                //glPointSize(2.0);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

2. Program membuat titik v2
    nah kalo ini sudah saya ubah, dasarnya pakai program 1, ada yang tau ini titik maksudnya apa?

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glPointSize(5.5);//ukuran titik piksel
                glBegin(GL_POINTS);//perintah untuk grafik primitif
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(-0.5,0.25);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(-0.25,0.5);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(0.0,0.3);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(-0.4,-0.12);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(-0.10,-0.09);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(-0.5,-0.18);
                //glPointSize(2.0);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :
jika kalian tebak ini rasi bintang libra Brarti anda benar :D

3. Program membuat garis

#include <iostream>
#include <GL/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glBegin(GL_LINES);//perintah untuk grafik primitif
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(0.25,0.25);
                glColor3f(0.1,1.0,1.0);
                glVertex2f(0.5,0.5);
                glVertex2f(0.75,0.5);
                glVertex2f(0.5,0.8);
                glPointSize(50.0f);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

4. Program membuat garis v2
    bedanya dengan di atas adalah program ini garisnya menyambung

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char**argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(800,600);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 3");
                glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
                glBegin(GL_LINE_STRIP);
                glColor3f(1.0,0.0,0.0);
                glVertex2f(0.25,0.25);
                glColor3f(0.1,1.0,0.0);
                glVertex2f(0.75,0.5);
                glVertex2f(0.7,0.8);
                glPointSize(50.0f);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

5. Program membuat segitiga

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glBegin(GL_POLYGON);
//jika ingin segitiganya hanya garis ganti POLYGON dengan LINES
                glColor3f(0.0,0.0,1.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(-0.5,-0.2);
                glVertex2f(0.0,0.5);

                glVertex2f(0.5,-0.2);
                glVertex2f(0.0,0.5);
               
                glVertex2f(0.5,-0.2);
                glVertex2f(-0.5,-0.2);

                glPointSize(50.0f);
                glLineWidth(50.0f);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

6. Program membuat kubus

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void garis();
main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(600,800);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("Percobaan 3");
glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
//glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
glutDisplayFunc(garis);
glutMainLoop();
}
void garis()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
glBegin(GL_LINES);//perintah untuk grafik primitif
glColor3f(1.0,0.0,0.0);
glVertex2f(-0.5,-0.3);
glVertex2f(-0.5,0.5);

glVertex2f(0.5,-0.3);
glVertex2f(0.5,0.5);

glVertex2f(0.5,-0.3);
glVertex2f(-0.5,-0.3);

glVertex2f(-0.5,0.5);
glVertex2f(0.5,0.5);

glColor3f(0.0,0.0,1.0);
glVertex2f(-0.3,-0.1);
glVertex2f(-0.3,0.7);

glVertex2f(0.7,-0.1);
glVertex2f(0.7,0.7);

glVertex2f(0.7,-0.1);
glVertex2f(-0.3,-0.1);

glVertex2f(-0.3,0.7);
glVertex2f(0.7,0.7);

glColor3f(0.0,1.0,0.0);//warna yang diset terakhir akan menjadi warna garis selanjutnya
glVertex2f(-0.3,0.7);
glVertex2f(-0.5,0.5);

glVertex2f(0.5,0.5);
glVertex2f(0.7,0.7);

glVertex2f(0.5,-0.3);
glVertex2f(0.7,-0.1);

glVertex2f(-0.5,-0.3);
glVertex2f(-0.3,-0.1);
glEnd();
glPointSize(500.0f);
glFlush();
}
OUTPUT :

7. Program membuat garis-garis
    untuk bentuknya yang zig-zag admin cuma iseng hehehe :P 

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glBegin(GL_LINES);//perintah untuk grafik primitif

                glColor3f(1.0,0.0,0.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(-0.5,0.1);
                glVertex2f(-0.4,-0.1);

                glColor3f(1.0,0.5,0.0);
                glVertex2f(-0.4,-0.1);
                glVertex2f(-0.3,0.1);
               
                glColor3f(1.0,1.0,0.0);
                glVertex2f(-0.3,0.1);
                glVertex2f(-0.2,-0.1);
               
                glColor3f(0.0,1.0,0.0);
                glVertex2f(-0.2,-0.1);
                glVertex2f(-0.1,0.1);
               
                glColor3f(0.0,0.0,1.0);
                glVertex2f(-0.1,0.1);
                glVertex2f(0.0,-0.1);
               
                glColor3f(0.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(0.0,-0.1);
                glVertex2f(0.1,0.1);
               
                glColor3f(1.0,0.0,1.0);
                glVertex2f(0.1,0.1);
                glVertex2f(0.2,-0.1);
               

                glPointSize(50.0f);
                glLineWidth(300);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

8. Program membuat kotak di dalam kotak

#include<GL/glut.h>
void titik();
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); //merah
                glBegin(GL_POLYGON);
                glColor3f(0.0,1.0,0.0);    
                glVertex2f(-0.7f,-0.7f);
                glVertex2f(-0.7f,0.7f);
                glVertex2f(0.7f,0.7f);
                glVertex2f(0.7f,-0.7f);
                glVertex2f(-0.7f,-0.7f);
                glPointSize(50.0f);
                glEnd();//akhir perintah OpenGL

   
                glBegin(GL_POLYGON);
                glColor3f(1.0,0.0,0.0);    
                glVertex2f(-0.3f,-0.3f);
                glVertex2f(-0.3f,0.3f);
                glVertex2f(0.3f,0.3f);
                glVertex2f(0.3f,-0.3f);
                glVertex2f(-0.3f,-0.3f);
                glPointSize(50.0f);
                glEnd();//akhir perintah OpenGL              
                glFlush();//untuk mengeksekusi openGL infinite time
}
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(800,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 3");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
OUTPUT :

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Code Dev C++ dan FreeGlut mengaplikasikan objek primitif dalam bentuk yang lain

Dalam blog sebelumnya kita membuat titik garis, dan bangun ruang. Dalam blog kali ini kita melakukan penambahan pada program sebelumnya, sebelum lanjut pastikan kalian sudah menginstal FreeGlut dan Dev C++ dan beberapa pengaturan dasarnya, Jika belum, kunjungi Postingan Panduan penginstalan Dev C++ dan FreeGlut Untuk mempelajari program yang lebih lengkap cobalah program-program dibawah ini 1. Program membuat strip titik strip #include <GL/glut.h> void display(void) { glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); glColor3f (1.0, 1.0, 1.0); glEnable (GL_LINE_STIPPLE); // glLineStipple (1, 0x0101); /* membuat titik */ // glLineStipple (1, 0x00ff); /* membuat strip-strip */ glLineStipple (1, 0x10ff); /* membuat strip titik strip */ glBegin(GL_LINE_STRIP); glVertex2f (325, 75); glVertex2f (5, 75); glEnd(); glDisable (GL_LINE_STIPPLE); glFlush (); } void reshape (int w, int h) { glViewport (0, 0, (GLsizei) w, (GLsizei) h); glMatrixMode (GL_PROJECTION); glLoadIdentit...

Panduan Instalasi Dev C++ dan GLUT untuk Mata Kuliah Grafika Komputer

yah sekian lama gak ngeblog akhirnya setelah 2 tahun vakum dalam dunia blog gua kembali juga dikarnakan tugas yang mengharuskan wkwkwkwk. ok tanpa berlama-lama walaupun post kali beda jauh dari tema blog ini, kali ini gua akan membawakan panduan Instalasi Dev C++ dan GLUT untuk Mata Kuliah Grafika Komputer ok pertama kita siapin dlu bahan-bahanya Dev C++  & Free G lut   nb. link hanya option bisa cari softwarenya dari sumber yang lain, tapi disarankan Dev C++ versi 5.11 keatas langkah-langkah penginstalan 1. instal dev c++ (bila muncul Administrator Notification pilih yes) pilih english lalu ok Pilih I Agree pilih Next pilih Instal tunggu beberapa saat pilih finish penginstalan Dev C++ sudah selesai 2. lalu kita meninstal Freeglut nya extract freeglut  copy lalu paste  dari extract folder freeglut\include\GL ke  C:\Program Files (x86)\Dev-Cpp\MinGW64\x86_64-w64-mingw32\include\GL copy  lal...