Skip to main content

Kumpulan Code titik, garis dan bangun bidang menggunakan Dev C++ dan FreeGlut

Postingan sebelumnya saya membahas tentang instalasi Dev C++ dan GLUT, gak cocok rasanya tanpa dibarengi dengan beberapa contoh coding yang bisa di coba.

yang sebelumnya belum menginstal Dev C++ dan GLUT silahkan klik disini

ok ini beberapa code yang bisa di coba :


1. Program membuat titik
    kelihatanya titik simpel tapi kalau bikinya pakai pemograman lumayan sulit loh...

#include <iostream>
#include <GL/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/
 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glPointSize(5.5);//ukuran titik piksel
                glBegin(GL_POINTS);//perintah untuk grafik primitif
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(0.25,0.25);
                glColor3f(0.1,1.0,1.0);
                glVertex2f(0.5,0.5);
                //glPointSize(2.0);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

2. Program membuat titik v2
    nah kalo ini sudah saya ubah, dasarnya pakai program 1, ada yang tau ini titik maksudnya apa?

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glPointSize(5.5);//ukuran titik piksel
                glBegin(GL_POINTS);//perintah untuk grafik primitif
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(-0.5,0.25);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(-0.25,0.5);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(0.0,0.3);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(-0.4,-0.12);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(-0.10,-0.09);
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(-0.5,-0.18);
                //glPointSize(2.0);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :
jika kalian tebak ini rasi bintang libra Brarti anda benar :D

3. Program membuat garis

#include <iostream>
#include <GL/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glBegin(GL_LINES);//perintah untuk grafik primitif
                glColor3f(1.0,1.0,1.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(0.25,0.25);
                glColor3f(0.1,1.0,1.0);
                glVertex2f(0.5,0.5);
                glVertex2f(0.75,0.5);
                glVertex2f(0.5,0.8);
                glPointSize(50.0f);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

4. Program membuat garis v2
    bedanya dengan di atas adalah program ini garisnya menyambung

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char**argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(800,600);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 3");
                glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
                glBegin(GL_LINE_STRIP);
                glColor3f(1.0,0.0,0.0);
                glVertex2f(0.25,0.25);
                glColor3f(0.1,1.0,0.0);
                glVertex2f(0.75,0.5);
                glVertex2f(0.7,0.8);
                glPointSize(50.0f);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

5. Program membuat segitiga

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glBegin(GL_POLYGON);
//jika ingin segitiganya hanya garis ganti POLYGON dengan LINES
                glColor3f(0.0,0.0,1.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(-0.5,-0.2);
                glVertex2f(0.0,0.5);

                glVertex2f(0.5,-0.2);
                glVertex2f(0.0,0.5);
               
                glVertex2f(0.5,-0.2);
                glVertex2f(-0.5,-0.2);

                glPointSize(50.0f);
                glLineWidth(50.0f);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

6. Program membuat kubus

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void garis();
main(int argc, char** argv)
{
glutInit(&argc,argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(600,800);
glutInitWindowPosition(100,100);
glutCreateWindow("Percobaan 3");
glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
//glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
glutDisplayFunc(garis);
glutMainLoop();
}
void garis()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
glBegin(GL_LINES);//perintah untuk grafik primitif
glColor3f(1.0,0.0,0.0);
glVertex2f(-0.5,-0.3);
glVertex2f(-0.5,0.5);

glVertex2f(0.5,-0.3);
glVertex2f(0.5,0.5);

glVertex2f(0.5,-0.3);
glVertex2f(-0.5,-0.3);

glVertex2f(-0.5,0.5);
glVertex2f(0.5,0.5);

glColor3f(0.0,0.0,1.0);
glVertex2f(-0.3,-0.1);
glVertex2f(-0.3,0.7);

glVertex2f(0.7,-0.1);
glVertex2f(0.7,0.7);

glVertex2f(0.7,-0.1);
glVertex2f(-0.3,-0.1);

glVertex2f(-0.3,0.7);
glVertex2f(0.7,0.7);

glColor3f(0.0,1.0,0.0);//warna yang diset terakhir akan menjadi warna garis selanjutnya
glVertex2f(-0.3,0.7);
glVertex2f(-0.5,0.5);

glVertex2f(0.5,0.5);
glVertex2f(0.7,0.7);

glVertex2f(0.5,-0.3);
glVertex2f(0.7,-0.1);

glVertex2f(-0.5,-0.3);
glVertex2f(-0.3,-0.1);
glEnd();
glPointSize(500.0f);
glFlush();
}
OUTPUT :

7. Program membuat garis-garis
    untuk bentuknya yang zig-zag admin cuma iseng hehehe :P 

#include <iostream>
#include <Gl/glut.h>
#include <stdio.h>
void titik();
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(600,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 1");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0); //warna latar belakang/ 4 komponen warna yaitu RGB, dan alpha
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                //glOrtho(0.0,1.0,0.0,1.0,-1.0,1.0);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//membersihkan semua piksel
                glBegin(GL_LINES);//perintah untuk grafik primitif

                glColor3f(1.0,0.0,0.0);//warna latar antarmuka/3 komponen warna RGB
                glVertex2f(-0.5,0.1);
                glVertex2f(-0.4,-0.1);

                glColor3f(1.0,0.5,0.0);
                glVertex2f(-0.4,-0.1);
                glVertex2f(-0.3,0.1);
               
                glColor3f(1.0,1.0,0.0);
                glVertex2f(-0.3,0.1);
                glVertex2f(-0.2,-0.1);
               
                glColor3f(0.0,1.0,0.0);
                glVertex2f(-0.2,-0.1);
                glVertex2f(-0.1,0.1);
               
                glColor3f(0.0,0.0,1.0);
                glVertex2f(-0.1,0.1);
                glVertex2f(0.0,-0.1);
               
                glColor3f(0.0,1.0,1.0);
                glVertex2f(0.0,-0.1);
                glVertex2f(0.1,0.1);
               
                glColor3f(1.0,0.0,1.0);
                glVertex2f(0.1,0.1);
                glVertex2f(0.2,-0.1);
               

                glPointSize(50.0f);
                glLineWidth(300);
                glEnd();
                glFlush();
}
OUTPUT :

8. Program membuat kotak di dalam kotak

#include<GL/glut.h>
void titik();
void titik()
{
                glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); //merah
                glBegin(GL_POLYGON);
                glColor3f(0.0,1.0,0.0);    
                glVertex2f(-0.7f,-0.7f);
                glVertex2f(-0.7f,0.7f);
                glVertex2f(0.7f,0.7f);
                glVertex2f(0.7f,-0.7f);
                glVertex2f(-0.7f,-0.7f);
                glPointSize(50.0f);
                glEnd();//akhir perintah OpenGL

   
                glBegin(GL_POLYGON);
                glColor3f(1.0,0.0,0.0);    
                glVertex2f(-0.3f,-0.3f);
                glVertex2f(-0.3f,0.3f);
                glVertex2f(0.3f,0.3f);
                glVertex2f(0.3f,-0.3f);
                glVertex2f(-0.3f,-0.3f);
                glPointSize(50.0f);
                glEnd();//akhir perintah OpenGL              
                glFlush();//untuk mengeksekusi openGL infinite time
}
main(int argc, char** argv)
{
                glutInit(&argc,argv);
                glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE|GLUT_RGB);
                glutInitWindowSize(800,800);
                glutInitWindowPosition(100,100);
                glutCreateWindow("Percobaan 3");
                glClearColor(0.0,0.0,0.0,0.0);
                glMatrixMode(GL_PROJECTION);
                glOrtho(1.0,1.0,1.0,1.0,-1.0,1.0);
                glutDisplayFunc(titik);
                glutMainLoop();
}
OUTPUT :

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Code Dev C++ dan FreeGlut mengaplikasikan objek primitif dalam bentuk yang lain

Dalam blog sebelumnya kita membuat titik garis, dan bangun ruang. Dalam blog kali ini kita melakukan penambahan pada program sebelumnya, sebelum lanjut pastikan kalian sudah menginstal FreeGlut dan Dev C++ dan beberapa pengaturan dasarnya, Jika belum, kunjungi Postingan Panduan penginstalan Dev C++ dan FreeGlut Untuk mempelajari program yang lebih lengkap cobalah program-program dibawah ini 1. Program membuat strip titik strip #include <GL/glut.h> void display(void) { glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); glColor3f (1.0, 1.0, 1.0); glEnable (GL_LINE_STIPPLE); // glLineStipple (1, 0x0101); /* membuat titik */ // glLineStipple (1, 0x00ff); /* membuat strip-strip */ glLineStipple (1, 0x10ff); /* membuat strip titik strip */ glBegin(GL_LINE_STRIP); glVertex2f (325, 75); glVertex2f (5, 75); glEnd(); glDisable (GL_LINE_STIPPLE); glFlush (); } void reshape (int w, int h) { glViewport (0, 0, (GLsizei) w, (GLsizei) h); glMatrixMode (GL_PROJECTION); glLoadIdentit...

Cara Decompile Dan Compile File JAR

pernahkah agan ngalami waktu recompile file  .jar gagal hal ini sama seperti pengalaman saya dulu, saya googleling ternyata berbeda cara dc rc untuk .apk dengan .jar ok kita lansung aja ke tkp Persiapan 1. PC/Laptop 2. java SDK yang bisa anda download di situs resminya ( ini link nya waktu saya pakai, download java nya sesuaikan dengan laptop agan)  3. DEX2Jar/DecomJar bisa anda download di sini 4. Winrar/ 7-zip 5. Kemauan Untuk Belajar 6. motivasi yang tinggi untuk tidak menyerah 7. Belajar dari sebuah pengalaman yang dimiliki 8. Backup file yang anda ingin edit (antisipasi apabila terjadi kesalahan) Tutorial A.Decompile 1. salin file jar yang ingin anda edit ke dalam folder "decomjar"    contoh saya akan decompiler file framework.jar    ss ada di bawah....  2. edit file 1.bat yang ada di folder tersebut dengan cara klik kanan edit    "java -jar baksmali.jar -x android.policy.jar -o classo...